Home / Berita / Bersama Dengan Sejumlah Organisasi Buruh Migran, FSTKI Sarbumusi Gelar Aksi di Depan Dubes Arab

Bersama Dengan Sejumlah Organisasi Buruh Migran, FSTKI Sarbumusi Gelar Aksi di Depan Dubes Arab

Jakarta- FSTKI Sarbumusi Bersama dengan sejumlah organisasi jaringan Buruh Migran Indonesia menggelar aksi demonstrasi di depan Kedutaan Besar Arab Saudi untuk Indonesia.

Koordinator Advokasi FSTKI Sarbumusi, Ali Nurdin mengatakan aksi depan kantor Kedubes Arab Saudi dilakukan sebagai bentuk protes atas kesewenang-wenangan pemerintah Arab Saudi yang telah mengeksekusi Tuti Tursilawati pekerja migran asal Majalengka, Jawa Barat.

“Mengecam dan mengutuk eksekusi hukuman mati terhadap Tuti Tursilawati, pekerja migran Indonesia korban kekerasan seksual, merupakan bentuk pelanggaran HAM besar, yaitu hak atas hidup serta merendahkan martabat perempuan,” ungkap Ali di Jakarta, Jum’at (2/11/2018).

Ali menambahkan eksekusi mati terhadap Tuti tursilawati tanpa memberikan notifikasi resmi kepada pemerintah Indonesia adalah tindakan yang tidak mematuhi tata krama diplomasi internasiomal.

“Ini jelas melanggar etika dalam diplomasi hubungan Internasional” kata Ali

Ali menjelaskan Tuti Tursilawati adalah korban dari kekerasan seksual, yang membela diri dan membela martabatnya sebagai perempuan.

“Selain itu eksekusi terhadap Tuti tursilawati pekerja migran Indonesia adalah korban kekerasan seksual, dia melakukan pembelaan atas tindakan yang tidak menjunjung tinggi penghormatan hak asasi manusia serta merendahkan martabat perempuan,” sambungnya.

Oleh karena itu, Ali Mendesak Pemerintah untuk mempersona non graatakan Dubes Arab untuk Indonesia,

“Kasus semacam ini tidak boleh terulang kembali,” tandasnya.

Reporter: Akh. Fawaid

Check Also

PANDANGAN UMUM UNSUR SP/SB, BP LKS TRIPARTIT NASIONAL

  Hubungan industrial adalah dialektika dan relasi kuasa antara pekerja/buruh dan pemberi kerja. Hubungan industrial …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *