Home / Berita / Era Revolusi Industri 4.0, Indonesia Butuh Tenaga Kerja Trampil dan Kompeten
Foto Ilustrasi Kompasiana.com

Era Revolusi Industri 4.0, Indonesia Butuh Tenaga Kerja Trampil dan Kompeten

KSarbumusi.org Jakarta– Dunia perburuhan saat ini harus bersiap menghadapi  tantangan besar yang terjadi  era Revolusi Industri 4.0. Dimana akan terjadi perubahan pola baru yang membawa dampak terciptanya jabatan dan keterampilan kerja baru dan hilangnya beberapa jabatan lama.

Hal tersebut tentu akan menjadi tantangan bagi dunia perburuhan untuk meningkatkan ketrampilan dan kompetensi secara konsisten agar tetap dapat bekerja sesuai dengan kebutuhan zaman.

Menteri Ketenagakerjaan M Hanif Dhakiri saat menjadi keynote speaker pada seminar Human Capital Investment as a New Driving Force of Economy bertema “Human Capital and Future of Work” di, Badung, Bali, Kamis (1/3), mengingatkan pentingnya pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja skilled  yang sesuai dengan dunia industry.

Menurutnya untuk menyiapkan SDM yang handal perlu diadakannya perubahan yang melibatkan system pendidikan dan pelatihan kerja.

“Ke depan jika ingin dikaitkan dengan sistem pendidikan, investasi SDM harus benar-benar berbasis atau berorientasi demand driven, fokus, massif dan merata, Karena kalau tidak memenuhi empat hal itu, akhirnya akan terjadi gap atau kesenjangan antar daerah ” kata Menteri Hanif seperti yang telah dilansir di laman kemnaker.go.id.

Hanif melanjutkan pihaknya menitikberatkan tiga hal dalam penyusunan roadmap SDM sebagai rencana kerja pemerintah di 2019. Ketiga hal tersebut yaitu kualitas, kuantitas, dan persebaran yang dianggap memiliki peran penting sumber SDM untuk mendukung percepatan investasi di Indonesia.

“Soal kualitas yang intinya adalah demand driven, sesuai dengan kebutuhan pasar. Kedua adalah kuantitas, jumlah harus memadai. Ketiga adalah persebaran,” katanya.

Senada dengan hal tersebut, Presiden K Sarbumusi, Syaiful Bahri Anshori menyatakan untuk meningkatkan iklim investasi yang kondusif salah satunya harus ditopang oleh ketersediaan tenaga kerja yang terampil dan kompeten.

“Ya. Tentu Investasi itu akan datang jika kita memiliki pekerja yang terampil dan kompeten” ungkap Syaiful saat di hubungi redaksi KSarbumusi.org.

 Oleh karena itu Syaiful mendukung langkah pemerintah untuk meningkatkan kualitas SDM untuk mengurangi angka pengangguran di era revolusi Industri 4.0.

“Sarbumusi mendukung langkah pemerintah, dan siap untuk bersinergi dengan melakukan pendidikan dan pelatihan bagi anggota Sarbumusi agar lebih berkompeten dan trampil,” pungkasnya.

Reporter: Syaefuddin A

Check Also

Gelar Pelatihan Budidaya Lalat Tentara Hitam, F LMDH Sarbumusi Ingin Mengubah Buruh Jadi Pengusaha

Banyumas- Ketua Federasi Lembaga Masyarakat Desa Hutan (F-LMDH), Imam Fujiono menggelar pelatihan budi daya lalat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *