Home / Berita / PT Indoplat Lakukan PHK Sepihak, Buruh Nyatakan Sikap
Foto: ANTARA FOTO/R. Rekotomo/NZ/15.

PT Indoplat Lakukan PHK Sepihak, Buruh Nyatakan Sikap

Jakarta- PT Indoplat Perkasa Purnama, Jakarta Barat disinyalir telah melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) sepihak. Merasa dirugikan dengan kebijakan sepihak yang ditempuh perusahaan, buruh menyatakan sikap. Pernyataan itu disampaikan Ketua Basis Industri Kimia Sarbumusi PT. Indoplat John Emron di Kantor DPP Konfederasi Sarbumusi, Jl. Raden Saleh, Jakarta Pusat, Kamis (19 Oktober 2017).

John Emron menyebutkan, sesuai pasal 151 ayat 1 UU No.13/2003 tentang Ketenagakerjaan, pihak pengusaha dengan segala upaya harus mengusahakan agar jangan terjadi PHK.

“Selain itu pasal 151 ayat 2 menjelaskan bila segala upaya sudah dilakukan akan tetapi PHK tidak dapat dihindari, maka maksud PHK tersebut harus dirundingkan dengan Serikat Pekerja/Serikat Buruh. Bahwa pasal 151 ayat 1 terkait erat dengan segala upaya mencegah PHK sebagaimana yang diatur dalam Surat Edaran Menakertrans No. SE-907/MEN/PHI-PPHI/X/2004 yang mengatur mekanisme pencegahan PHK,” beber Emron.

Mengacu pada ketentuan yang dimaksud, maka perusahaan tidak boleh bertindak semaunya, apalagi dalam proses PHK, juga tidak melibatkan sarikat pekerja/sarikat buruh.

Berikut pernyataan sikap yang disampaikan Gerakan Basis Industri Kimia Sarbumusi PT. Indoplat:

  1. Kami menolak PHK yang dilakukan perusahaan dengan alasan efisiensi tanpa menyertakan laporan kerugian perusahaan selama 2 tahun berturut-turut yang dilakukan akuntan publik;
  2. Kami menolak PHK sepihak atas anggota kami tanpa melakukan perundingan dengan kami sebagai serikat pekerja/serikat buruh satu-satunya yang ada diperusahaan.
  3. Kami menolak cara-cara arogan PHK sepihak tanpa keputusan dari lembaga penyelesaian perselisihan hubungan industrial atau atas dasar perundingan dengan serikat pekerja/serikat buruh.
  4. Bahwa kami meminta kepada pemerintah dalam hal ini Sudinakertrans Jakarta Barat, Pengawas Dinas Tenaga Kerja Provinsi DKI Jakarta, Menteri Tenaga Kerja Kementerian Ketenagakerjaan RI, Dirjen Binawasnaker kemenakertrans untuk menidak tegas atas pelanggaran yang dilakukan oleh Manajemen PT. Indoplat Jakarta Barat.
  5. Bahwa kami meminta perusahaan untuk mentaati dan mengikuti peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia.

Pernyataan sikap ini dituangkan dalam surat yang disampaikan Gerakan Basis Industri Kimia Sarbumusi PT. Indoplat kepada DPP Konfederasi Sarbumusi yang diterima oleh Ketua LBH Perburuhan Sarbumusi, Dalail. Hingga kabar ini diturunkan, DPP Konfederasi Sarbumusi akan melakukan kajian lebih dulu, setelahnya akan dilakukan proses pendampingan lebih lanjut. (Ali Ramadhan)

Check Also

PANDANGAN UMUM UNSUR SP/SB, BP LKS TRIPARTIT NASIONAL

  Hubungan industrial adalah dialektika dan relasi kuasa antara pekerja/buruh dan pemberi kerja. Hubungan industrial …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *